Seorang Mengaku Anggota Mabes dan Memakai Mobil Berpelat Palsu Beli KTA Polri Seharga Rp 2jt

Borgol Stok Foto, Borgol Gambar Bebas Royalti | Depositphotos®

Chen-wei.org – Seorang pria berinisal AHH (35) telah diamankan aparat kepolisian, karena menggunakan pelat mobil palsu yang dipasang di mobil merek Xenia warna putih dengan nomor polisi B 2355 TKI. Saat diamankan di Tol Kuningan arah Semanggi, Jakarta, AHH sempat menunjukkan Kartu Tanda Anggota (KTA) Polri.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, KTA yang ditunjukkan oleh pria tersebut kepada petugas saat ingin diperiksa di lokasi kejadian ternyata hasil ia beli dari seseorang dengan harga Rp2 juta.

“Hasil pendalaman awal memang AHH ini adalah pekerjaan swasta bukan sebagai anggota Polri. KTA pun pengakuannya dan id card yang ada sama dia ini pun dia beli dari seseorang dengan harga Rp2 juta,” kata Yusri kepada wartawan, Rabu (16/6).

Sampai saat ini, polisi masih melakukan pemeriksaan terhadap AHH terkait kasus yang menimpanya tersebut. Untuk mobil yang digunakan oleh AHH, masih dilakukan pemeriksaan oleh Ditlantas Polda City Jaya.

“Sekarang ini AHH masih kita dalami lagi. Ada persangkaan di Pasal 263 KUHP. Kedua juga kendaraannya masih kita dalami benar atau tidak, karena dia gunakan B 2355 TKI ini adalah nomor palsu,” ujarnya.

“Jadi kendaraannya masih coba didalami oleh teman-teman dari Ditlantas Polda City Jaya, tetapi AHH sekarang ini ditangani oleh Resmob Polda Metro Jaya, masih dalam pemeriksaan. Nanti bagaimana kelanjutannya akan kita sampaikan,” tutupnya.

Sebelumnya, seorang pria bernama inisial AHH telah diamankan aparata kepolisian lantaran menggunakan plat nomor palsu B 2355 TKI saat menggunakan mobil merek Xenia warna putih. Kejadian ini terjadi pada Selasa (15/6) sekitar pukul 11.00 Wib.

Direktur Lalu Lintas Polda City Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, lokasi kejadian ini terjadi di Tol Kuningan arah Semanggi, Jakarta saat berada di lajur 3.

“Karena dicurigai menggunakan pelat nopol palsu, lalu kita berhentikan,” kata Sambodo saat dihubungi, Rabu (16/6).

Namun, pada mobil itu diberhentikan oleh petugas. Pengemudi tersebut langsung mengeluarkan identitas Polri dan mengaku sebagai anggota polisi yang berdinas di Biro Paminal Div Propam Mabes Polri.

“Karena ada kejanggalan saat diperiksa, untuk memastikan kebenaran yang patut diduga menggunakan identitas palsu. Maka kami arahkan ke Polda Metro untuk dilakukan penyelidikan dan penyidikan,” jelasnya.

Lalu, pada saat akan memasuki Polda ternyata pria tersebut mencoba untuk mengambil kunci dan ingin berusaha melarikan diri.

“Kami minta bantuan anggota yang piket di depan Mako untuk mengamankan. Kemudian pengemudi dan barang bukti dan kendaraannya kami serahkan ke Piket Jatanras Device 1,” ungkapnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *