Fakta Sejarah Kemerdekaan Brazil Pada Tanggal 7 September

Jual Bendera Brazil Harga Murah dan Terbaru September 2021 | Bukalapak

chen-wei.org – Brasil, yang merayakan hari kemerdekaannya pada 7 September, adalah salah satu negara di Amerika Selatan yang unik. Negara yang sebagian besar wilayahnya beriklim tropis ini, adalah negara terbesar di Amerika Selatan.

Dengan luas mencapai 8.515.770 kilometer persegi, Brasil berada di urutan pertama sebagai negara terbesar di Amerika Selatan. Brasil juga berada di urutan ke-5 sebagai negara terbesar di dunia.

Lalu apa fakta penting lain tentang negara ini? Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa di antaranya:

Brasil merupakan rumah bagi sungai terpanjang kedua di dunia yaitu Sungai Amazon. Sungai yang memiliki panjang sekitar 6.400 kilometer persegi ini, bermuara dari Pegunungan Andreas di Peru.

Amazon melintasi beberapa negara seperti Ekuador, Venezuela, Bolivia, Brasil, Kolombia, dan Peru. Terdiri dari 1.100 anak sungai, dan 17 di antaranya memiliki panjang lebih dari 1.600 kilometer persegi.

Rumah Para Imigran Jepang

Imigran Jepang pertama kali datang ke Brasil pada tahun 1907, saat pemerintah Brasil dan Jepang menandatangani perjanjian. Jumlah imigran Jepang yang meningkat pada tahun 1926 hingga 1941.

Brasil pun seolah menjadi rumah kedua bagi sebagian besar penduduk Jepang yang tinggal di luar negeri, dengan sekitar 1,6 juta keturunan Jepang menetap di sana.

Penghasil Kopi Terbesar Dunia

Sepertiga wilayah di Brasil merupakan tanah pertanian, dengan yang terbesar ditanami kopi, disusul gandum, jagung, tebu, dan kedelai.

Karena itulah, Brasil pun dikenal sebagai penghasil kopi terbesar di dunia. Sejak tahun 1840-an, perkebunan kopi bertebaran di sana. Saat ini, ada sekitar 300.000 perkebunan kopi, dengan overall produksi sekitar 58 juta kantong kopi seberat 60 kilo pada 2019-2020.

Negara Sepak Bola

Brasil terkenal sebagai negara yang memiliki tim sepakbola nasional terbaik di dunia. Banyak pemain sepakbola legendaris dunia yang berasal dari Brasil, seperti Pele, Ronaldo, Roberto Carlos, Dan masih banyak lagi pemain terbaiknya.

Brasil juga merupakan satu-satunya negara yang berhasil memenangkan piala dunia sebanyak 5 kali.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *