Mengungkap Jurus Selangkangan Besi, Sebuah Organ Vital Yang Tidak Rusak Walau Dihantam

Mengungkap Jurus Selangkangan Besi, Sebuah Organ Vital Yang Tidak Rusak Walau Dihantam

chen-wei.org – Setiap jago martial art dalam film-film, pasti mengenal jurus ini. Si bang jago akan diletakkan dalam situasi panik, berbahaya, dan gila di akhir movie, lalu ditendangi selangkangannya. Brak bruk brak bruk! Ajaibnya, meski ditendang tepat di bagian vital, pahlawan kita akan merasa baik-baik saja.

Mungkin, dirinya menerapkan jurus legendaris martial art, yang ternyata tak hanya ada dalam sinema, tapi benar-benar ada. Master Kung Fu di Juntun, China, sempat membeberkan rahasia di balik jurus selangkangan besi yang membuat takjub banyak orang.

Salah satu ahli, Master Wang Liutai mengatakan, tenaga dalam dan kinerja otot serta tulang berperan penting dalam melakukan teknik ini. “Rahasianya adalah, melatih pernapasan untuk tenaga dalam, serta melatih otot dan tulang untuk meningkatkan kekuatan fisik,”terangnya dalam video clip kepada BBC, yang diunggah 28 Februari 2021.

Mengungkap Jurus Selangkangan Besi, Sebuah Organ Vital Yang Tidak Rusak Walau Dihantam

Teknik pernapasan yang ia maksud adalah qigong, salah satu elemen dari cabang martial art Tongbeiquan yang dipraktikkan di desa Wang, Juntun, selama 3 abad terakhir. Tradisinya terus dilestarikan oleh warga desa di pinggir ibu kota kuno Luoyang tersebut.

Wang sudah berlatih teknik selangkangan besi selama hampir 50 tahun, dan mengaku tidak pernah merasakan efek buruk. “Bagian tubuh lain seperti leher, dada, punggung, serta perut, juga bisa dilatih untuk memperoleh kekuatan serupa,”sebut BBC dalam video

Lalu, bagaimana rasanya saat selangkangan sang master dihantam benda berat? Apakah ada sensasi “wow”? Untuk melatih teknik selangkangan besi ini, peserta memakai balok kayu sepanjang 2 meter dengan bobot 40 kg yang ujungnya besi. Balok kayu itu diayunkan seseorang menuju selangkangan peserta yang harus menahannya tanpa rasa sakit.

BBC menunjukkan bahwa balok kayu itu sangat kuat sampai bisa mematahkan potongan balok lainnya.

“Saat Anda berlatih kung fu selangkangan besi, selama Anda berkeinginan kuat, Anda akan merasa hebat,”kata Wang yang mengepalai Akademi Seni Bela Diri Juntun pada Reuters. “Semakin Anda sering berlatih, Anda akan semakin kuat! Setelah selesai rasanya luar biasa,”ungkapnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *